PENDEKATAN PENERAPAN ICT DISEKOLAH
1.
Emerging
dicirikan dengan pemanfaatan TIK oleh sekolah pada tahap permulaan. Pada
pendekatan ini, sekolah baru memulai membeli atau membiayai infrastruktur TIK,
baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak.
2.
Applying
dicirikan dengan sudah adanya pemahaman tentang kontribusi dan upaya menerapkan
TIK dalam konteks manajemen sekolah dan pembelajaran. Para tenaga
pendidik dan kependidikan telah menggunakan TIK untuk tugas-tugas yang
berkaitan dengan manajemen sekolah dan tugas-tugas
berdasarkan kurikulum.
berdasarkan kurikulum.
3.
Infusing menuntut
adanya upaya untuk mengintegrasikan dan memasukkan TIK ke dalam kurikulum. Pada
pendekatan ini, sekolah telah menerapkan teknologi berbasis komputer di
laboratorium, kelas, dan bagian administrasi. Guru berada pada tahap mengeksplorasi
cara atau metode baru di mana TIK mengubah produktivitas dan pekerjaan
profesional mereka.
4.
Transforming
dicirikan dengan adanya upaya sekolah untuk merencanakan dan memperbaharui
organisasinya dengan cara yang lebih kreatif. TIK menjadi bagian integral
dengan kegiatan pribadi dan kegiatan profesional sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar